Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslucam 18 Kecamatan Gelar Apel Siaga Pengawasan Hari Tenang

Panwaslucam 18 Kecamatan Gelar Apel Siaga Pengawasan Hari Tenang

Salah satu Kecamatan di Kabupaten Purbalingga menggelar Apel Siaga Pengawasan

Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di Kabupaten Purbalingga melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang serentak di 18 kecamatan pada Minggu, 11 Februari 2024.
Apel Siaga dilaksanakan dengan tujuan mendukung kelancaran dan integritas jalannya proses Pemilu. Pertama, apel ini bertujuan untuk memastikan kewaspadaan dan kecepatan tanggap petugas pengawasan pemilu dalam mengidentifikasi serta menanggapi potensi pelanggaran hukum pemilu yang dapat terjadi pada saat hari tenang. Kedua, tujuan apel ini adalah memastikan koordinasi yang efektif antara Pengawas TPS dengan jajaran diatasnya dan seluruh stekholder terkait. Dengan meningkatkan koordinasi, diharapkan respon terhadap setiap potensi permasalahan dapat dilakukan secara cepat, sehingga dapat meminimalkan dampak negatif pada proses Pemilu.

Selain itu, apel ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petugas pengawasan pemilu terkait dengan aturan dan prosedur yang berlaku pada hari tenang. Hal ini melibatkan penyampaian informasi terkini mengenai ketentuan hukum pemilu yang harus diikuti secara ketat, sehingga dapat memastikan setiap tindakan pengawasan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Keempat, tujuan apel siaga ini adalah memberikan semangat dan motivasi kepada Pengawas TPS, agar tetap menjaga semangat profesionalitas dan netralitas dalam menjalankan tugasnya. Semangat ini diharapkan dapat menginspirasi dedikasi tinggi dalam memastikan pemilihan berlangsung secara adil, transparan, dan sesuai dengan prinsip demokrasi.

Ketua Bawaslu Purbalingga, Misrad, menegaskan bahwa Apel Siaga Pengawasan pada Hari Tenang Pemilu Tahun 2024 adalah meningkatkan kewaspadaan, koordinasi efektif, pemahaman aturan pemilu, serta semangat petugas, guna memastikan jalannya pemilihan yang adil, transparan, dan sesuai prinsip demokrasi.

Selain itu Bawaslu Purbalingga mendorong partisipasi aktif dan kerjasama dari semua pemangku kepentingan, termasuk partai politik dan masyarakat, untuk memastikan kesuksesan proses Pemilu. Setelah kegiatan Apel Siaga, seluruh jajaran pengawas di 18 Kecamatan melanjutkan kegiatan dengan menertibkan APK (Alat Peraga Kampanye) yang masih terpasang pada Hari tenang, yaitu mulai tanggal 11 Februari.

Penulis : Wawan Eko Mujito