Lompat ke isi utama

Berita

Meski Singkat, PTPS Miliki Peran Vital Tentukan Kualitas Pemilu

Meski Singkat, PTPS Miliki Peran Vital Tentukan Kualitas Pemilu

Proses pelantikan dan pengambilan sumpa Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Padamara 

Purbalingga, 22 Januari 2024 - Calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Padamara resmi dilantik dan mengambil sumpah pada hari ini, menyusul pengumuman pada tanggal 20 Januari 2024. Upacara pelantikan berlangsung di Bale Panggih Griyadi Purbasari Pancuran Mas Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, yang dihadiri oleh 126 Pengawas TPS (85 laki-laki dan 41 perempuan) yang tersebar di 1 kelurahan dan 13 desa di wilayah tersebut.

Acara bersejarah ini turut dihadiri oleh unsur Forkopincam, Ketua PPK Padamara, Lurah, Kades se Kecamatan Padamara, dan 14 Panwaslu Kelurahan/Desa setempat. Ketua Panwaslu Kecamatan Padamara, Heru Setiawan, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya peran pengawas TPS dalam mengawasi proses pemungutan dan perhitungan suara yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Walaupun masa kerja pengawas TPS relatif singkat, namun tugas pengawasan yang dilakukan memiliki peranan yang sangat vital dan harus dipahami dengan baik," ujar Heru. Pada kesempatan yang sama, Camat Padamara, Widodo Panca Nugraha, S.STP, menyampaikan kebanggaannya terhadap proses pelantikan pengawas TPS.

"Saya sangat bangga dapat menyaksikan secara langsung proses pelantikan pengawas TPS. Pembacaan sumpah dan Pakta Integritas secara serentak oleh seluruh pengawas TPS memberikan keyakinan bahwa tugas mereka memiliki nilai mulia. Semoga Kecamatan Padamara dapat menggelar Pemilu 2024 yang berintegritas dan damai," ujar Widodo.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, agenda dilanjutkan dengan sesi pembekalan yang disampaikan oleh ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Padamara. Pembekalan ini bertujuan untuk menyadarkan pengawas TPS akan tugas, wewenang, dan kewajiban mereka dalam memastikan kelancaran jalannya proses pemilu di tingkat Tempat Pemungutan Suara.

Penulis : Dian

Editor : Muhamad P