Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemungutan-Penghitungan Suara, Pesert Pemilu dan Stakeholder Harus Pahami Potensi Kerawanan

Jelang Pemungutan-Penghitungan Suara, Pesert Pemilu dan Stakeholder Harus Pahami Kerawanan

Suasana rapat koordinasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara

Purbalingga-Bawaslu Kabupaten Purbalingga menggelar rapat koordinasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara, melibatkan berbagai pihak terkait dalam persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Bertempat di PM Collaboration Purbalingga, 6 Februari 2024. Rapat ini menjadi upaya penting untuk memastikan proses pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara berjalan lancar.

Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Mukhammad Wakhiddin menekankan pentingnya sinergi dan pemahaman bersama dalam menjalankan proses pemilu. Wakhiddin mengatakan " Diharapkan semua dapat bersinergi dan ada suatu pemahaman bersama terkait proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu tahun 2024, belajar dari pemilu tahun 2019 banyak kejadian di luar dugaan maka dari itu kita harus bekerja sama untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terulang".

Selain itu Anggota Bawaslu Purbalingga ( Wawan Eko Mujito), menambahkan urgensi untuk memastikan keamanan dan kesiapan gudang penyimpanan perlengkapan pemungutan suara di setiap kecamatan dan desa serta perlu juga mengantisipasi potensi kerawanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "kita harus bersama sama untuk memastikan kembali keamanan dan kesiapan gudang penyimpanan perlengkapan pemungutan suara di setiap kecamatan dan desa serta mengantisipasi tps rawan agar penyelenggaraan pemilu di tahun 2024 berjalan sukses dan berintegritas", tambah Wawan.

Rapat ini menjadi ajang strategis untuk merumuskan langkah-langkah konkret dalam mengatasi potensi masalah yang mungkin timbul selama proses pemungutan dan penghitungan suara. Para peserta rapat dari berbagai lembaga seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Polres Purbalingga, Kodim 0702 Kabupaten Purbalingga, Kejaksaan Negeri Purbalingga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disdukcapil serta Rutan Purbalingga sepakat untuk saling mendukung dan bekerja sama. Kolaborasi lintas sektor ini diharapkan mampu memperkuat integritas dan transparansi dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain itu, perwakilan peserta pemilu tahun 2024 juga turut hadir dalam rapat ini, menegaskan komitmen mereka untuk menjaga proses pemilu tetap demokratis. Dengan melibatkan semua pihak terkait, Bawaslu Purbalingga yakin segala tantangan dan hambatan dapat diatasi dengan baik.

Dalam upaya memastikan kesuksesan Pemilu 2024, Bawaslu Purbalingga juga mengajak masyarakat untuk turut serta aktif dalam mengawasi dan mendukung jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara. Dengan demikian, semua pihak dapat berperan aktif dalam membangun demokrasi.

Oleh :HumasÂ