Lompat ke isi utama

Berita

12 Hari Jelang Pemungutan, Bawaslu Komitmen Sampaikan Hasil Pengawasan Secara Faktual dan Aktual

12 Hari Jelang Pemungutan, Bawaslu Komitmen Sampaikan Hasil Pengawasan Secara Faktual dan Aktual

Muhamad Purkon (dua dari Kanan) dan Eko Darmawan (satu dari kiri) Staf Kehumasan Bawaslu Kabupaten Purbalingga Ikuti Rapat koordinasi Nasional Strategi Pemberitaan Tematik Menelang Tahapan Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Jakarta, 2 Februari 2024 – Bawaslu Kabupaten Purbalingga ikuti rapat koordinasi nasional strategi pemberitaan tematik menjelang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang diselenggarakan Bawaslu RI. Bertempat di Grand Sahid Jaya Jakarta, pada 2 s/d 4 Februari 2024. 

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu, Agung B.G.B Indra Atmaja menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan efektivitas publikasi kerja pengawasan dan pencegahan menjelang hari tenang dan pemungutan suara.

Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas, Lolly Suhenti S.Sos.I., M.H. dalam sambutannya menekankan pentingnya mewujudkan visi Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu terpercaya. 

Lebih lanjut, Lolly menjelaskan kepercayaan masyarakat bergantung pada persepsi yang dibentuk Bawaslu, yakni dengan menyajikan hasil pengawasan secara faktual dan aktual, oleh sebab itu kerja kehumasan saat ini, menjadi bagian pekerjaan inti untuk membentuk perspektif masyarakat terhadap hasil kerja pengawasan. 

"kehumasan bukanlah kerja sampingan, melainkan menjadi bagian utama yang mengkomunikasikan hasil kerja pengawasan kepada publik. Informasi yang disampaikan harus faktual, aktual, menarik, memberi manfaat, dan tidak berpihak," tegas Lolly.

Dalam menghadapi pemungutan suara yang tinggal 12 hari lagi, Lolly Suhanti menegaskan pentingnya publikasi informasi terorganisir dan berpola. 

Lolly mendorong agar Bawaslu Kabupaten/Kota menjadikan media sosial sebagai sarana yang hidup dengan melibatkan komentar dan share menjadi acuan evaluasi, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dalam penyajian konten media sosial.

Dengan semangat menjaga 12 hari menuju pemilihan, Bawaslu berkomitmen untuk membuktikan dedikasinya dengan mengorganisir pemberitaan secara baik sesuai kebutuhan masyarakat.

Penulis : Muhamad Purkon