Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslucam Bojongsari Awasi Penggantian Kotak Suara Rusak oleh KPU

Panwaslucam Bojongsari Awasi Penggantian Kotak Suara Rusak oleh KPU

Penerimaan Kotak Suara yang telah di Ganti oleh KPU

Panwaslucam Bojongsari melakukan pengawasan penggantian Logistik kotak suara di Kantor Gudang Logistik PPK Bojongsari pada Minggu, 11 Februari 2024. Setelah Kemarin Sabtu, 10 Februari 2024 KPU mengirimkan Logistik Pemilu untuk pemilihan umum tahun 2024 berupa Kotak berisi Logistik Pemilu sejumlah 910 Kotak dan Bilik suara sebanyak 728 buah.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bojongsari , Didin Nurhilal mengatakan Pascapenerimaan dan proses inventarisasi, terungkap bahwa sebanyak empat kotak suara mengalami kerusakan. Kerusakan ini ditemukan setelah kotak-kotak suara tersebut diturunkan dari gudang penyimpanan. Kerusakan terjadi akibat proses angkut dalam armada truk yang tidak memadai. "Setelah kemarin diterima dan diinventarisir ditemukan ada 4 buah kotak suara yang rusak ketika diturunkan dari Truk." Tutur Didin ditemui usai penertiban APK didepan gudang logistik PPK. 

Disaksikan ketua Bawaslu Purbalingga Misrad, S.E, Panwaslu Kecamatan Bojongsari, Kanit Intel juga Babinkantibmas wilayah Bojongsari ketua KPU Purbalingga, Zamazhari Ramzah menyerahkan kotak suara kepada PPK Bojongsari dilanjutkan proses penggantian kotak suara rusak kemudian memindahkan isi kotak suara masing-masing pada pengganti kotak suara tersebut.

Namun ketika dicermati oleh Panwascam  antara Berita Acara(BA), Tanda Terima dan Logistik yang ada ditemui perbedaan. Yaitu di Kotak Suara DPR RI TPS 009 Desa Kajongan namun di BA dan Tanda Terima serta Kotak suara pengganti tertulis DPR RI TPS 001 Desa Kajongan, oleh karena itu PPK beserta KPU dengan pengawasan dan disaksikan oleh Kanit Intel serta Babinsa kembali meneliti setiap kotak suara untuk kemudian dipastikan kotak suara tersebut benar DPR RI TPS 009 Desa Kajongan.

Humas Bawaslu Purbalingga