Soal Daftar Pemilih Berkelanjutan, Ini Himbauan Bawaslu Purbalingga ke KPU Purbalingga

Diposting pada Dilihat : 21 kali

Purbalingga, pada 1 April 2021 surat himbauan berkenaan dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan telah disampaikan oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga kepada KPU Kabupaten Purbalingga.

Surat himbauan ini berkenaan dengan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan secara berkala oleh KPU Kabupaten Purbalingga.

Salah satu isi himbauan adalah agar KPU Kabupaten Purbalingga mengumumkan Daftar Pemilih Berkelanjutan di Papan pengumuman/website KPU Kabupaten Purbalingga. Hal ini diperuntukkan agar masyarakat dengan mudah mengakses Daftar Pemilih Berkelanjutan dan yang bersangkutan bisa langsung memastikan namanya sudah masuk atau belum ke dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan.

Selain himbauan yang disampaikan kepada KPU Kabupaten Purbalingga, Bawaslu Kabupaten Purbalingga akan selalu melakukan pengawasan melekat terhadap proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan membuka layanan pengaduan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan bagi masyarakat Purbalingga yang belum masuk Daftar Pemilih ataupun kendala lain berkaitan dengan Daftar Pemilih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Imam Nurhakim menyampaikan bahwa “masyarakat bisa melapor kepada Bawaslu Kabupaten Purbalingga apabila namanya belum masuk dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan ataupun terdapat kendala lainnya berkaitan dengan Daftar Pemilih sepanjang yang bersangkutan bisa memberikan dokumen yang valid. Selanjutnya dari laporan masyarakat yang memang sudah terbukti keabsahannya akan disampaikan kepada KPU Kabupaten Purbalingga melalui saran perbaikan. Bawaslu akan terus mengawasi proses pemutakhirannya” Jelas Imam.

Bawaslu Purbalingga berharap agar KPU Purbalingga secara maksimal memastikan keakuratan daftar pemilih berkelanjutan ini, dan masyarakat juga diharapkan aktif ikut mengawasi sehingga pada saatnya nanti diselenggarakan Pemilu maupun pemilihan mendatang tidak terjadi persoalan terkait daftar pemilih.

Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga