Pembukaan Kotak Suara, Bawaslu Pastikan DPTb masuk Daftar Pemilih Berkelanjutan

Diposting pada Dilihat : 64 kali

Purbalingga, 22/3/2021 hari pertama KPU Kabupaten Purbalingga melakukan Pembukaan Kotak Suara Pilkada 2020 di gudang KPU Kabupaten Purbalingga. Pembukaan Kotak Suara dihadiri oleh KPU Kabupaten Purbalingga, Polres Purbalingga dalam hal ini dihadiri oleh Kompol Pujiono, SH, MM selaku Kabag Ops Polres Purbalingga dan Bawaslu Kabupaten Purbalingga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga yakni Misrad, SE dan Joko Prabowo, SH.
Pembukaan Kotak Suara dimulai dengan apel bersama sekaligus penjelasan terkait SOP pembukaan Kotak Suara yang dipimpin oleh Anggota KPU Kabupaten Purbalingga Catur Sigit Prastyo, SPd.I. “Pembukaan Kotak Suara ini bertujuan sebagai bahan evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 dan Update Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021. Pembukaan Kotak Suara dilaksanakan oleh 7 Personil yang khusus membuka Kotak Suara dan pelaksanaannya diawasi oleh jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Purbalingga. Estimasi waktu pembukaan Kotak Suara secara keseluruhan yang berjumlah 2.129 Kotak Suara berkisar 4-5 hari. Adapun dokumen yang diambil dari Kotak Suara yaitu Model C. Daftar Hadir Pemilih-KWK, C. Daftar Hadir Pemilih Pindahan-KWK, C. Daftar Hadir Pemilih Tambahan-KWK dan C.Hasil-KWK”jelas Catur Sigit.
Dalam kesempatan yang sama Kompol Pujiono, SH, MM menyampaikan bahwa pembukaan Kotak Suara harus benar-benar memperhatikan SOP dan ketentuan yang ada sehingga tidak ada potensi masalah yang terjadi dikemudian hari, ujar Pujiono.
“Bawaslu Kabupaten Purbalingga akan melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses pembukaan Kotak Suara sampai dengan selesai. Bawaslu memastikan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada Pilkada 2020 harus diinput ke dalam format yang sudah ditentukan dan nantinya dimasukkan kedalam Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021” tegas Misrad.

Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga