Ikuti Rakor Program Kerja Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Sampaikan ini

Diposting pada Dilihat : 42 kali

Bawaslu Kabupaten Purbalingga ikuti Rapat Pembahasan Program Kerja
Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah
Senin, 15 Maret 2021 Bawaslu Kabupaten Purbalingga mengikuti Rapat Pembahasan Program Kerja Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Rapat Pembahasan program Kerja dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom, diikuti oleh 35 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah. Dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Purbalinggan diwakili oleh Teguh Irawanto S.IP selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga sekaligus Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Azmi Nidaurrakhmah dan Puja Dwi Pangestu selaku staf Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Purbalingga.
Rapat Pembahasan Program Kerja Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dalam rangka optimalisasi membahas optimalisasi pelaksanaan program dan kegiatan Divisi penyelesaisn Sengketa Tahun 2021. Program Kerja Divisi Penyelesaian Sengketa Kerja 2021 terutama bagi Bawaslu Kabupaten/Kota yang sudah melaksanakan Pilkada pada Tahun 2020, lebih memfokuskan pada peningkatan kapasitas untuk persiapan Pemilu mendatang. Dalam pembahasan Program Kerja Divisi Penyelesaian Sengketa Provinsi Jawa Tengah dalam rangka peningkatan Kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten/kota bagi yang sudah melaksanakan Pilkada Tahun 2020, untuk mengisi kekosongan waktu, dapat melakukan kegiatan berupa pelaksanaan simulasi mulai dari penerimaan permohonan, permohonan secara langsung maupun permohonan secara tidak langsung melalui SIPS (Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa), pelaksanaan musyawarah tertutup, musyawarah terbuka sampai dengan pembuatan putusan. Simulasi-simulasi tersebut tidak hanya semata-mata dalam rangka mengisi kekosongan waktu, tetapi dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten/Kota, sehingga ketika terjadi sengketa, Bawaslu Kabupaten/kota sudah dalam keadaan siap.
Selain itu bawaslu Kabupaten/Kota dalam rangka mengisi Program Kerja kegiatan Divisi Penyelesaian Sengketa Tahun 2021, dapat melaksanakan dialog interaktif melalui media sosial yang dimiliki masing-masing Bawaslu Kabupaten/Kota untuk membahas topik-topik yang berkaitan dengan Divisi Penyelesaian Sengketa. Kegiatan semacam ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sebagai pendidikan politik bagi masyarakat yang ingin mengetahui Bawaslu secara mendalam, salah satunya mengetahui kewenangan Bawaslu dalam menyelesaikan sengketa dalam Pemilu maupun Pilkada.