Hadiri Rapat Evaluasi Eksternal, Bawaslu: Perlu adanya peningkatan bimtek Jajaran adhoc KPU

Diposting pada Dilihat : 41 kali

Purbalingga, Hari Kamis tanggal 25 Maret 2021 Bawaslu Kabupaten Purbalingga menghadiri Rapat Evaluasi Eksternal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020 yang dalam hal ini dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Misrad SE.
Selain Bawaslu Kabupaten Purbalingga, acara juga dihadiri oleh Polres Purbalingga, Dindukcapil Purbalingga, Dinkominfo Purbalingga dan Stakeholder lainnya serta Organisasi keagamaan maupun tokoh masyarakat.
Adapun tujuan dari rapat ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Purbalingga Eko Setiawan, ST ialah sebagai sarana pemberian masukan dan penilaian dari stakeholder dan pihak terkait lainnya untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu yang lebih baik lagi diwaktu yang akan datang.
Berbagai masukan dan penilaian terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020 disampaikan oleh Stakeholder dan tamu undangan lainnya.

Salah satu masukan dan penilaian itu datang dari tokoh masyarakat Eko Bejo Priyatno. Beliau memaparkan bahwa “Penyelenggaraan Pilkada 2020 secara keseluruhan sudah baik akan tetapi perlu ditingkatkan kesepemahaman terkait regulasi antara penyelenggara Pemilu dan Stakeholder agar tidak terjadi perbedaan penafsiran dalam memutuskan permasalahan yang ada saat Pemilihan. Sosialisasi dan Regenerasi Penyelenggara Pemilu juga harus lebih dipersiapkan dalam rangka menghadapi Pemilu yang akan datang” Tutur Bejo.

Dengan waktu yang diberikan, Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga menyampaikan “Perlu ada peningkatan bimbingan teknis dijajaran adhoc KPU agar benar-benar memahami regulasi yang ada karena justru jajaran adhoc inilah yang merupakan ujung tombak Penyelenggaraan Pemilu. Mereka berhadapan langsung dengan Pengguna hak pilih yang tentu masih banyak hal yang belum diketahui oleh Pemilih dan jajaran adhoc lah yang paling strategis untuk menjelaskannya” Jelas Misrad.

Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga