Lompat ke isi utama

Berita

Terhambat Hujan Deras, Distribusi Logistik untuk Kecamatan Karangreja Sempat Tertunda

Terhambat Hujan Deras, Distribusi Logistik untuk Kecamatan Karangreja Sempat Tertunda

Anggota Panwaslu Kecamatan Karangreja, Yunita Barokah (kanan, berbaju putih) sedang mengawasi secara ketat proses penurunan kelengkapan logistik pemilu untuk wilayah kecamatan Karangreja

Purbalingga, 07 Februari 2024 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan distribusi logistik pemilu ke lima kecamatan, termasuk Kecamatan Karangjambu, Kecamatan Karangreja, Kecamatan Bobotsari, Kecamatan Mrebet, dan Kecamatan Karanganyar. Sebanyak enam truk pengangkut logistik tiba sekitar pukul 12.00 WIB di Gudang Panitia Pemungutan Suara (PPK) Kecamatan Karangreja.

Distribusi sempat dihentikan sementara, pasalnya, hujan lebat sempat terjadi saat proses penurunan logistik, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan pada kotak suara dan bilik suara yang rentan rusak jika terkena air.

Saat proses pengawasan tersebut, Panwaslu Kecamatan Karangreja menyampaikan,untuk menghindari kerusakan pada perlengkapan logistic, sebaiknya proses penurunnan ditunda terlebih dahulu hingga hujan reda. Atas masukan tersebut akhirnya petugas teknis yang bertugas menurunkan perlengkapan logistik  menunda penurunan logistik hingga intensitas hujan mereda.

Total logistik yang dikirim dari Gudang KPU Kabupaten Purbalingga ke Gudang PPK Kecamatan Karangreja mencakup 675 kotak suara dan 540 bilik suara, dengan total 1.215 kotak dan bilik suara untuk kebutuhan tujuh desa di Kecamatan Karangreja, yang memiliki 135 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panwaslu Kecamatan Karangreja, Dariyanto, menjelaskan bahwa cuaca hujan masih menjadi perhatian utama dalam proses pendistribusian logistik, mengingat bahan pembuatan kotak suara dan bilik suara rentan terhadap air. Oleh karena itu, upaya pencegahan dilakukan untuk memastikan logistik tetap kering, termasuk menyiapkan lokasi parkir truk yang aman dari air hujan. Meskipun terkendala oleh cuaca buruk, Dariyanto menegaskan upaya pengawasan turut dibantu Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) guna memastikan distribusi logistik ini tidak terciprat oleh air hujan, sehingga tidak ada kotak suara yang rusak atau terbuka akibat pengiriman tersebut.

Penulis : Yunita B

Editor : Muhamad P