Lompat ke isi utama

Berita

Resmi Dilantik, Panwaslucam Rembang Bekali PTPS Siwaslu

Resmi Dilantik, Panwaslucam Rembang Bekali PTPS Siwaslu

Prosesi pembekalan PTPS Terlantik di Kecamatan Rembang

Purbalingga, Senin, 22 Januari 2024 - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Rembang jalankan serangkaian kegiatan Pengambilan Sumpah Janji, Pelantikan, dan Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aula Bumdes Desa Bodaskarangjati Rembang. Acara yang berlangsung pada hari Senin ini dihadiri oleh Forkompimcam Rembang, Komisioner Panwaslu Kecamatan, dan peserta terlantik, dari pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

Ketua Panwaslucam Rembang, Rochman, dalam sambutannya menekankan pentingnya bagi Pengawas TPS untuk memedomani aturan dan regulasi yang berlaku dalam menjalankan pengawasan di lapangan. "Bapak/Ibu Pengawas TPS terlantik, panjenengan harus berpedoman pada undang-undang dan regulasi yang ada dalam menjalankan Tugas, Wewenang, dan Kewajiban sebagai Pengawas TPS, jangan semaunya sendiri," kata Rochman.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Kecamatan Rembang Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas, Supriyono, mengingatkan bahwa hasil pengawasan Pengawas TPS perlu dituangkan dalam Form A pengawasan dan diisi alat kerja pengawasan secara manual maupun online melalui aplikasi SIWASLU. "Hasil pengawasan bapak/ibu semua harus dituangkan dalam Form A dan mengisi AKP manual dan online di aplikasi SIWASLU," ungkap Supriyono. "Itu semua merupakan bukti hasil pengawasan bapak/ibu semua," tambahnya.

Anggota Panwaslucam Rembang Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Siti Nurfaidah, memberikan informasi terkait karakter Pengawas Pemilu dan penanganan pelanggaran Pemilu.

Sebanyak 222 orang seharusnya dilantik pada hari itu, namun satu orang berhalangan karena sakit. Sehingga, jumlah yang resmi dilantik adalah sebanyak 201 orang, terdiri dari 92 laki-laki dan 129 perempuan. Acara tersebut mencerminkan komitmen kuat dalam menjaga demokrasi dan mengawal suksesnya Pemilu 2024 di Kecamatan Rembang.

Penulis : Supriyono

Editor : Muhamad P