Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Ketenangan dan Kepatuhan Terhadap Aturan, Panwaslu Kecamatan Kutasari Gelar Apel Siaga Pengawasan

Pastikan Ketenangan dan Kepatuhan Terhadap Aturan, Panwaslu Kecamatan Kutasari Gelar Apel Siaga Pengawasan

Panwaslu Kecamatan Kutasari saat Gelar Apel Siaga Pengawasan

Panwaslu Kecamatan Kutasari menggelar apel siaga pengawasan Pemilu 2024 sebagai upaya menghadapi tiga tahapan krusial yang sedang berjalan secara paralel, yaitu tahapan masa tenang, logistik, dan persiapan pemungutan suara. Acara ini dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Kutasari dan dihadiri oleh lebih dari 238 peserta, terdiri dari anggota Panwaslu Kecamatan, Kepala Sekretariat, PKD, dan PTPS. Turut hadir undangan dari perwakilan Partai Politik, Forkopimcam, dan PPK. Acara ini berlangsung pada hari Minggu, 11 Februari 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kutasari, Eko Heryanto, menyampaikan bahwa apel siaga diadakan untuk menyatukan langkah dan semangat dalam menghadapi tahapan puncak Pemilu 2024, terutama masuk dalam masa tenang dan pungut hitung. "Kami meminta seluruh jajaran untuk lebih siaga," ujarnya.

Menurut Eko Heryanto, siaga dalam konteks ini berarti melakukan pengawasan di lapangan terhadap semua aktivitas kampanye dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan, serta mencegah praktik politik uang dan pelanggaran lainnya. "Masa tenang melarang segala bentuk kampanye untuk menjaga ketenangan pemilih dalam menentukan pilihan tanpa terganggu oleh aktivitas kampanye," tuturnya.

Eko Heryanto menekankan pentingnya pencegahan dalam melakukan pengawasan, dengan memprioritaskan penguatan patroli pencegahan dan pengawasan untuk menegakkan hukum pemilu. Beliau juga menyoroti pentingnya penguatan kapasitas bagi semua pihak yang terlibat dalam pengawasan pemilu, mulai dari aparat penegak hukum hingga penyelenggara pemilu.

Dalam konteks tahapan logistik, Eko Heryanto menegaskan bahwa tantangan geografis harus diatasi melalui kerjasama erat dengan PPK dan jajaran terkait.

"Edukasi, konsolidasi internal, dan komunikasi eksternal yang baik perlu terus dilakukan, serta tidak boleh takut melaksanakan tugas sebagai pengawas sesuai dengan perintah berdasarkan Undang-Undang," lanjut Eko Heryanto dalam sambutannya. Acara Apel Siaga ini selesai pada pukul 10.30 dengan foto bersama seluruh jajaran.

Humas Bawaslu Purbalingga