Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Rapat Pengawasan Penetapan, Bawaslu: Sejauh Ini Tidak Ada Gugatan Di Purbalingga

Gelar Rapat Pengawasan Penetapan, Bawaslu: Sejauh Ini Tidak Ada Gugatan Di Purbalingga

Ketua KPU Purbalingga (tengah, berdiri) menyampaikan materi penetapan hasil

Purbalingga-Minggu (24/04/2024) Bawaslu Kabupaten Purbalingga gelar rapat pengawasan penetapan hasil Pemilihan Umum 2024, hadirkan perwakilan seluruh Partai Politik yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga, bertempat di Wisma Asri Tien Catering Jl.Ketuhu Wirasana Purbalingga.
Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Misrad menyampaikan pentingnya pengawasan penetapan hasil perolehan suara Pemilu 2024, yang telah ditetapkan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024 lalu. Lebih lanjut, Misrad mengungkapkan bahwa setelah proses penetapan hasil, tidak ada gugatan terhadap hasil pemilu di Purbalingga, namun terdapat gugatan terhadap perselisihan perolehan hasil dari Pasangan Calon (Paslon) di beberapa daerah pemilihan lain. “Alhamdulillah di Purbalingga tidak ada gugatan sejauh ini”, singkat ungkap Misrad.
Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari, S.IP, M.IP. selaku narasumber tunggal, menyampaikan sejumlah poin penting, terkait proses penetapan baik yang berlangsung ditingkat Kabupaten hingga KPU RI.
Partisipasi Masyarakat yang Tinggi
KPU Kabupaten Purbalingga mengumumkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pemilu kali ini cukup tinggi, mencapai sekitar 80 persen, yang merupakan peningkatan dari pemilu sebelumnya. Tingkat partisipasi tertinggi terjadi dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
Tahapan Pilkada
KPU Purbalingga juga sedang menyusun tahapan untuk pelaksanaan Pilkada. Beberapa kegiatan seperti pengumuman mascot dan jingle KPU telah direncanakan untuk dilaksanakan dalam waktu dekat.
Penetapan Hasil Pemilu
KPU Kabupaten Purbalingga menjelaskan proses penetapan hasil pemilu, termasuk persyaratan untuk penetapan pasangan calon terpilih dan perolehan kursi anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.
Perhatian Terhadap Integritas
Selama proses penetapan hasil pemilu, KPU Purbalingga menegaskan bahwa mereka tetap menjunjung tinggi integritas dan mempertimbangkan segala keputusan dengan hati-hati, mengingat dampaknya yang luas.

Penulis : Muhamad P