Bawaslu Purbalingga Gelar Rakor Bersama Stakholder

Diposting pada Dilihat : 140 kali

Bawaslu Kabupaten Purbalingga pada hari Kamis (22/10) bertempat di gedung Andrawina Owabong Bojongsari menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Stakeholder, dengan mengundang juga pasangan calon dan Tim Kampanye Pasangan Calon dalam rangka membahas pencegahan, Pengawasan dan penindakan pelanggaran Protokol Kesehatan covid-19 dalam Pilkada serentak tahun 2020.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Bawaslu Kabupaten Purbalingga selaku penyelenggara menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebelum, selama dan setelah kegiatan berlangsung.

Kajari Purbalingga selaku pemateri menyampaikan akan pentingnya ketegasan dalam menangani pelanggaran protokol Covid-19 selama pilkada ini berlangsung, hal ini mejadi penting mengingat status Purbalingga yang berubah menjadi zona orange akibat meningkatnya jumlah pasien yang terpapar Covid-19 selama beberapa waktu lalu.

Kabag Ops Polres Purbalingga yang mewakili Kapolres menyampaikan agar LO Paslon dan Tim Kampanye kedepan harus lebih memperhatikan protokol kesehatan baik sebelum, selama dan sesudah kegiatan pelaksanaan kampanye berlangsung. Hal ini agar tidak terjadi penularan Covid-19, karena jika penularan tersebut terus terjadi akan sangat merepotkan kita sekalian.

Dalam kesempatan ini juga Dr. Sri Wahyu Ananingsih SH M.Hum selaku Kordiv. Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa potensi pelanggaran yang mungkin muncul selama gelaran Pilkada ini tidak hanya pelanggaran protokol kesehatan namun juga money politik dan netralitas ASN.

Dalam menyampaikan paparannya, Ananingsih turut mengingatkan substansi pasal 71 UU Nomor 10 Tahun 2016 kepada LO dan Tim Kampanye pasangan calon, karena hal itu bisa mengakibatkan pembatalan pasangan calon. Ia juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama bahu-membahu melakukan pencegahan pelanggaran pada setiap tahapan Pilkada 2020 sehingga dapat terwujud Pilkada yang jujur adil berintegritas dan bermartabat.

Oleh: Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga