BAWASLU KABUPATEN PURBALINGGA SERAHKAN LAYANAN INFORMASI KEPADA KOMISI INFORMASI

Diposting pada Dilihat : 22 kali

Semarang, Senin 29 maret 2021 Bawaslu Kabupaten Purbalingga menyerahkan laporan Pelayanan informasi kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dikantor Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Jalan  Tri Lomba Juang No.18, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Joko Prabowo, S.H. selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Purbalingga menyerahkan secara langsung laporan tersebut kepada petugas penerima laporan di gedung Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Penyerahan laporan dilakukan dalam rangka mempertanggung jawabkan fungsi keterbukaan informasi  yang telah  dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga sepanjang tahun 2020,  hal itu sebagaimana diatur dalam Pasal 12 undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menyebutkan bahwa  “Setiap tahun Badan Publik wajib mengumumkan layanan informasi, yang meliputi jumlah permintaan informasi yang diterima; waktu yang diperlukan Badan Publik dalam memenuhi setiap permintaan informasi; jumlah pemberian dan penolakan permintaan informasi; dan/atau  alasan penolakan permintaan informasi.”

Bawaslu Kabupaten Purbalingga sebagai badan publik diwajibkan melakukan pelayanan informasi publik kepada masyarakat melalui Pejabat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi sebagaimana diatur dalam pasal 13 ayat (1) huruf b undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi yang menyebutkan bahwa “Untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana setiap Badan Publik membuat dan mengembangkan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik yang berlaku secara nasional.” Salah satu bentuk pelayanan keterbukaan informasi itu yakni adanya layanan PPID melalui website ppid.purbalingga.bawaslu.go.id. Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga