BAWASLU KABUPATEN PURBALINGGA SERAHKAN LAPORAN AKHIR DIVISI PENYELESAIAN SENGKETA KEPADA BAWASLU PROVINSI JAWA TENGAH

Diposting pada Dilihat : 37 kali

Jum’at 19 Maret 2021 Bawaslu Kabupaten Purbalingga menyerahkan Laporan Akhir Divisi Penyelesaian Sengketa kepada Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, dan diterima oleh Heru Cahyono, S.Sos.,M.A selaku Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sekaligus Koordinator Divisi Penyelesaian Sengeketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Purbalingga diwakili oleh Teguh Irawanto S.IP selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga sekaligus koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Purbalingga dan Azmi Nidaurrakhmah selaku staf Divisi Penyelesaian Sengketa Kabupaten Purbalingga.
Selain agenda penyerahan Laporan Akhir Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Purbalingga, juga melakukan konsultasi terkait rancangan program-program kerja yang akan dilaksanakan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah selama Tahun 2021.
Rancangan program-program kerja dibentuk dalam rangka untuk meningkatkan SDM Kabupaten/Kota dalam mempersiapkan diri ketika terjadinya potensi sengketa dalam tahapan Pemilu maupun Pilkada.
Rancangan program-program kerja yang dikonsultasikan antara lain terkait agenda simulasi yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota dimulai dari permohonan penyelesaian sengketa baik secara online maupun offline, penerimaan permohonan, proses musyawarah tertutup dalam Pilkada (dalam Pemilu dikenal proses mediasi), proses musyawarah terbuka dalam Pilkada (dalam pemilu dikenal proses adjudikasi), sampai dengan pembuatan putusan.
Selain itu juga mengkonsultasikan program kerja terkait diskusi-diskusi yang akan diadakan Bawaslu Kabupaten/Kota melalui media penyiaran yang sudah dipunyai oleh masing-masing Kabupaten/kota sebagai media pendidikan politik untuk partai politik maupun bagi masyarakat umum.
Harapannya dengan diadakannya program-program kerja yang sudah direncanakan, mampu meningkatkan kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten/Kota dan mampu mengeduksi masyarakat khususnya mengenai ketentuan-ketentuan dalam penyelesaian sengketa baik dalam Pemilu maupun Pilkada.

oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga