Ketua Bawaslu Purbalingga tengah, memberikan sambutan

Bawaslu Kabupaten Purbalingga adakan Rakor Pembentukan Adhoc PTPS

Diposting pada Dilihat : 262 kali

Hari ini, Rabu 30/9/2020 Bawaslu kabupaten Purbalingga mengadakan Rapat Koordinasi bersama Panwaslucam se-Kabupaten Purbalingga dalam rangka menyampaikan pedoman teknis pembentukan Jajaran Adhoc Pengawas TPS (PTPS) bertempat di gedung Andrawina Owabong-Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak Pukul 08:00 WIB s/d 12:30 WIB tersebut, Setyawati selaku Kordiv. SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Purbalingga berkesempatan menyampaikan materi pertama dengan menyampaikan beberapa persyaratan menjadi PTPS diantaranya yakni adalah WNI, minimal berusia 25 Tahun, dan pendidikan minimal SMA atau sederajat serta bersedia bekerja penuh waktu, ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Perbedaan perekrutan PTPS tahun ini  dengan tahun sebelumnya (Pemilu serentak tahun 2019) yakni adanya persyaratan calon Pengawas TPS harus bersedia melaksanakan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu. Oleh sebab itu dalam rangka mendapatkan SDM yang memenuhi persyaratan tersebut perlu ada sinergi antara Panwaslu Kecamatan dengan Panwaslu Desa/Kelurahan untuk mencari Calon-calon potensial yang bisa direkrut menjadi Pengawas TPS di masing masing kecamatan, tambah beliau.

#PengumumanPendaftaranPTPS

Selain Setyawati, turut hadir Joko Prabowo selaku Kordiv.Hukum, Humas Dan Datin Bawaslu Kabupaten Purbalingga, beliau Mengingatkan bahwa proses rekrutmen PTPS berkaitan dengan masyarakat luas, oleh sebab itu beliau menghimbau kepada jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan agar menempelkan Pengumuman ditempat yg mudah diakses oleh masyarakat luas. Selain hal tersebut, beliau mengingatkan bahwa Juklak dan Juknisnya harus benar-benar di pahami dan dipedomani.

Tidak lupa beliau mendorong agar Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan membuat jadwal piket secara bergantian agar sekretariat selalu dijaga dan lebih daripada itu, agar jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan selalu siap sedia menerima laporan dari masyarakat. Selain itu beliau juga mewanti-wanti agar Jajaran pengawas yg direkrut nantinya tdk boleh dalam ikatan perkawinan sesama penyelenggara.

Diakhir sesi pemaparan, Imam Nurhakim selaku ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga menginstruksikan kepada jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan untuk segera melakukan pembentukan Pokja perekrutan PTPS, dan selanjutnya pembentukan Pokja tersebut dituangkan dalam BA (berita acara). Selain itu beliau menghimbau jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan Tetap mempedomani protokol kesehatan selama menjalankan tugas, jangan sampe menimbulkan kerumunan. Ujar beliau.

Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga