Bawaslu Kab.Purbalingga Ikuti Rapat Evaluasi Pengawasan Pilkada 2020

Diposting pada Dilihat : 28 kali

Surakarta, Senin 29 Maret 2021 Bawaslu Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Rapat Evaluasi Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dengan pokok bahasan Evaluasi Pengawasan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih. Acara dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten/Kota dan KPU Kabupaten/Kota Jawa Tengah yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 yakni sebanyak 21 Kabupaten/Kota dengan Narasumber Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, KPU Provinsi Jawa Tengah dan Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatannya Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini dihadiri oleh Bapak Nur Kholis, SE, M.Si menyampaikan bahwa KPU sebenarnya sudah diberikan akses oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri dimana KPU sudah memiliki User dan bisa dimanfaatkan oleh KPU untuk kepentingan Pemilu. Akan tetapi Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah selalu siap membantu ketika dibutuhkan penjelasan terkait elemen data Pemilih maupun data yang lain selama tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada baik dalam Undang-Undang maupun peraturan yang ada dalam Dispermadesdukcapil. Misalnya saja pada Pilkada 2020, untuk elemen data yang masih belum lengkap baik NIK maupun elemen lainnya maka Dispermadesdukcapil bisa membantu mengecek kevalidan NIK atau elemen data lainnya.

Paparan juga disampaikan dalam kesempatan yang sama oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Gugus Risdaryanto, S.Sos, M.Si menyampaikan Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih ini tentu menghadapi berbagai Problematika dan Penyelenggara Pemilu lah yang wajib menuntaskan segala permasalahan yang ada. Tentu solusi solusi terhadap problematika ini tetap mengacu kepada regulasi yang ada.

Hingga rapat evaluasi selesai, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Anik Sholihatun, S.Ag, M.Pd memberikan kesimpulan bahwa secara keseluruhan Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pilkada Tahun 2020 berjalan sukses. Hal ini tentu tidak terlepas dari kinerja tripatid 3 lembaga yakni KPU, Bawaslu dan Disdukcapil. Meskipun secara keseluruhan terbilang sukses akan tetapi bukan berarti tidak ada yang perlu ditingkatkan. Tentu masih banyak hal yang harus lebih dipersiapkan dan ditingkatkan untuk mewujudkan Daftar Pemilih yang lebih sempurna lagi pada Pemilu yang akan datang.

Oleh : Humas Bawaslu Kabupaten Purbalingga